Khasiat Noni Juice

Jangan Pernah Menyerah Meskipun Gunung & Lautan Menghadang


 Juga disebut anjlok, bob tegak adalah perangkat yang sangat sederhana. Ini terdiri dari beban kecil dengan bagian bawah runcing yang dipasang di bagian bawah seutas tali. Tali biasanya terbuat dari katun atau nilon, dan pemberat biasanya kanopi rumah Jogja terbuat dari kuningan atau baja.

Jika beban dibiarkan menjuntai, ia menarik senar menjadi garis vertikal yang disebut sebagai garis tegak lurus. Bob tegak lurus memberi arsitek dan pembangun titik referensi vertikal selama konstruksi. Ini dapat digunakan untuk semua jenis proyek konstruksi, dari membangun jembatan hingga seni gantung di dinding.

Istilah "plumb bob" kadang-kadang digunakan dalam golf untuk merujuk pada teknik putting. Pegolf berjongkok di belakang bola golf saat berada di green dan memanjangkan putter ke arah hole. Kemudian, pegolf membandingkan green di kedua sisi putter untuk melihat ke arah mana bola akan pecah. Sementara keakuratan teknik ini diperdebatkan di antara para profesional, hal itu didasarkan pada ide yang sama yang membuat perangkat plumb bob berguna.

Sejarah Bob Tombak

Sebagian besar sejarawan setuju bahwa plumb bob pertama kali ditemukan di zaman Mesir. Digunakan untuk arsitektur, berlayar, dan mengamati langit, perangkat tersebut kemungkinan besar memainkan peran utama dalam membangun piramida. Beban biasanya terbuat dari batu atau benda berat jenis lain. Itu dipasang di dalam bingkai yang memungkinkannya berputar secara horizontal dan vertikal: bertindak sebagai level dan plumb bob.

Kata itu sendiri dikatakan berasal dari kata timbal, kata Latin yang berarti "timah". Ini mungkin karena logam, timah, digunakan untuk pemberat paling awal.

Pada tahun 1800-an, level ditemukan. Ini sebagian besar menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan bob tegak sebagai perangkat pengukuran horizontal. Level tersebut lebih kompak, efisien, dan biasanya memberikan pembacaan yang lebih akurat. Namun, plumb bob masih sangat berguna untuk bangunan, jembatan, dan lainnya.

Plumb bob modern tidak banyak berubah dari versi aslinya. Anak timbangan pertama biasanya dibuat dari bebatuan atau batu, kemudian diganti dengan timbal, lalu terakhir baja dan kuningan. Anak timbangan masih runcing dan dilengkapi dengan tali untuk menjuntai.

Ada juga adaptasi modern dari plumb bob: level laser. Perangkat ini akan memproyeksikan garis laser vertikal dan horizontal di dinding.

Untuk Apa Plumb Bob Digunakan?

Bob tegak lurus adalah bobot yang digunakan untuk mencari pusat gravitasi untuk memberikan garis vertikal yang sebenarnya kepada pembangun: garis tegak lurus.

Plumb bobs sering digunakan dalam konstruksi ketika Anda perlu mencari garis vertikal. Misalnya, pembangun mungkin menggunakannya untuk membuat tangga yang seragam atau untuk memeriksa dinding untuk memastikannya lurus. Pemilik rumah bisa menggunakan plumb bob untuk berbagai proyek DIY, seperti menggantung bingkai foto, memasang stud, atau menggantung pintu.

Sama seperti desainnya, penggunaan plumb bob tidak banyak berubah dari versi awal. Plumb bobs pertama digunakan untuk membangun struktur arsitektur besar untuk salah satu peradaban paling maju saat itu.

Selama bertahun-tahun, plumb bobs digunakan untuk mensurvei bangunan seperti katedral dan gereja. Mereka masih digunakan hari ini di banyak bangunan bersejarah di mana alat modern akan mengganggu - meskipun dalam beberapa kasus, surveyor beralih ke laser berteknologi tinggi untuk mengukurnya.

Secara historis, alat sederhana ini digunakan untuk pengukuran horizontal dan vertikal, tetapi saat ini, level adalah perangkat yang jauh lebih akurat untuk menemukan sudut horizontal yang sebenarnya.

Cara Menggunakan Bob Tombak

Menggunakan bob tegak lurus untuk menemukan garis vertikal sebenarnya tidaklah rumit. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pasang tali ke permukaan yang aman

Gunakan paku atau sekrup untuk menahan tali plumb bob ke bagian paling atas dari dinding, pintu, atau permukaan yang perlu Anda ukur. Jika Anda mengukur dinding, beri jarak sekitar 2-3 inci antara bagian awal langit-langit dan paku.

2. Lepaskan senar

Turunkan tali sepenuhnya dan lepaskan beban.

3. Biarkan beban berayun maju mundur

Pastikan beban bisa berayun bebas tanpa menyentuh lantai. Pastikan untuk menunggunya berhenti secara alami. Jika Anda menyentuh senar untuk menghentikan beban, Anda akan mendapatkan pembacaan yang tidak akurat.

4. Ukur jarak dari dinding

Setelah berhenti berayun, gunakan penggaris untuk mengukur jarak antara tali dan dinding di bagian atas dan bawah tali. Jika ukurannya sama, itu berarti dinding Anda tegak lurus. Jika berbeda, temboknya tidak benar-benar lurus.

Bob Tukang Ledeng untuk Pemilik Rumah Modern

Plumb bobs mudah dioperasikan dan sangat terjangkau. Seperti level, alat ini lebih sering berguna daripada yang Anda bayangkan. Anda dapat menggunakannya untuk menggantung gambar, memasang rak apung, atau menggantung pintu atau jendela baru. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengetahui lokasi Anda dengan pemahaman dasar tentang navigasi angkasa.

Ingatlah bahwa beban harus dapat diayun dengan bebas agar menghasilkan pembacaan yang akurat. Artinya, segala jenis angin atau angin sepoi-sepoi akan mengacaukan perangkat dan memberi Anda pengukuran yang tidak dapat diandalkan.

Kesederhanaan alat yang sederhana ini adalah salah satu keuntungan terbesarnya. Dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan seutas tali dan benda berbobot apa pun untuk mendapatkan ukuran vertikal kasar. Beberapa tukang menggunakan paku yang dipasang pada sepotong kecil tanah liat untuk menambah beban - Anda juga bisa menggunakan batu atau sekrup.

Ketahuilah bahwa anak timbangan alternatif ini akan memberikan pengukuran yang kurang akurat daripada anak timbangan kuningan runcing atau bob baja.